Ini Dia MPASI 6 Bulan, Tahap Awal Pengenalan Makanan Untuk Bayi

- 00.51
Sampai sekarang ini ASI masih merupakan nutrisi yang terbaik untuk bayi yang wajib diberikan seorang ibu sampai bayi usia 2 tahun. Tetapi pada usia bayi 6 bulan maka bayi juga perlu mendapatkan makanan tambahan. Makanan pendamping ASI atau biasanya disebut MPASI 6 bulan.  Bayi yang sudah berusia 6 bulan biasanya dianggap sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) karena beberapa refleks bayi sudah lebih terorganisir dan proses pencernaan pada bayi juga sudah mulai sempurna dibandingkan bulan-bulan awal kelahirannya.

Saluran pencernaan yang dimiliki oleh bayi pada usia ini sudah semakin berkembang. Sehingga walaupun masih tetap membutuhkan ASI sebagai sumber kalori, bayi juga memerlukan nutrisi tambahan yang biasanya tidak dimiliki ASI untuk melengkapi proses tumbuh kembangnya, seperti halnya zat besi.  Ketika MPASI ini diberikan hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya.

Pada tahap awal mpasi ini sebagai seorang ibu harus memperhatikan konsistensi dan tekstur larutan/bubur/puree dari MPASI tersebut. Tahap awal MPASI juga disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran terlebih dahulu hal ini untuk menghindari bayi lebih memilih dan menyukai buah-buahan karena buah itu rasanya manis. Diawal pengenalan MPASI ini perbandingan susu hendaknya tetap lebih banyak.  Untuk komposisi MPASI kita bisa  mencampur sayuran maupun buah yang telah dikukus atau dipanggang

Pada tahap awal MPASI satu hal yang juga harus diperhatikan oleh seorang ibu yaitu janganlah memberikan tambahan gula atau garam pada MPASI. Pemberian MPASI tersebut boleh diselingi dengan pemberian air supaya tidak terlalu kental  dan untuk membantu bayi dalam menelan. Ingatlah juga jangan berikan madu dan susu sapi pada campuran MPASI bayi, karena pencernaannya belum mampu membasmi bakteri yang ada pada madu atau mencerna susu sapi dengan baik.

Berikut ini ada beberapa menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi usia 6 bulan yang bisa ibu jadikan sebagai menu makanan untuk buah hati.

1. MPASI dengan Wortel
Wortel bisa dijadikan sebagai bahan MPASI untuk bayi 6 bulan.  Wortel ini kaya akan vitamin A, sangat baik untuk kesehatan mata dan mengandung  mineral yang tinggi. Untuk proses tahap awal pengenalan MPASI pada bayi kita bisa memberikan wortel rebus atau wortel yang dihaluskan kemudian dicampur dengan ASI.

2. MPASI Bubur Kentang
Samahalnya dengan penyajian bubur wortel maka bisa juga kentang. Makanan yang satu ini bisa kita berikan pada bayi  untuk memperkenalkan rasa gurih. Rebuslah kentang sampai lunak kemudian dihaluskan dan  tambahkan susu

3. MPASI Buah Pisang
Bayi pasti sangat menyukai pisang karena rasanya yang manis.  Nutrisi yang terkandung pada buah pisang sangatlah banyak antara lain vitamin A, fosfor, asam folat dan kalsium.  Ibu bisa memberikan pisang pada bayi dengan menggunakan sendok sedikit demi sedikit.

3. MPASI Pepaya
Buah pepaya juga sangat baik buat menu MPASI bayi.  Pepaya banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan.  Pepaya juga banyak mengandung nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak. Begitu juga kandungan kalsium dan zink yang terdapat di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada tulang.

Inilah beberapa menu MPASI 6 bulan yang diberikan pada bayi sebagai tahap pengenalan dengan makanan tambahan. Berikan nutrisi pada bayi dengan cukup untuk kesehariannya buat membantu proses perkembangan otak dan pertumbuhan pada bayi.
 

Start typing and press Enter to search